7 Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan

Lada atau merica adalah salah satu jenis rempah yang dihasilkan oleh tumbuhan bernama sama (lada). Lada hitam merupakan salah bumbu dapur untuk mengolah masakan lezat seperti daging sapi lada hitam atau kepiting lada hitam. Dalam dunia pengobatan lada hitam sangat terkenal khasiatnya. Kandungan lada hitam berupa vitamin A, vitamin C dan senyawa seperti piperin, likopen, karoten, zea-xanthin, dan cryptoxanthin yang menghilangkan virus dan radikal dalam tubuh. Selanjutnya dapat mencegah terjadinya kanker, masalah hati dan penyakit kardiovaskular. Untuk lebih jelasnya berikut adalah khasiat dan manfaat lada hitam untuk kesehatan.

Manfaat Lada Hitam

Lada hitam

1. Memperbaiki sistem pencernaan

Lada hitam mengandung suatu zat yang membantu meningkatkan sekresi asam klorida untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Manfaat lada hitam mencegah diare, konstipasi, nyeri kolik, dan gas usus.

2. Baik untuk otak

Piperin dalam lada berkhasiat dalam menenangkan peikiran karena memiliki sifat anti depresi. Konsumsi lada meningkatkan produksi endomorphins, bahan kimia dalam otak yang mencegah pusing dan penyakit sejenis. Manfaat lada juga mencangkup meningkatkan kemampuan kognitif.

3. Mencegah flu

Lada hitam melawan mikroba, mengahancurkan kuman dan patogen yang menyebabkan dingin, dan membersihkan rongga hidung. Lada hitam kaya akan vitamin C yang melawan pilek dan flu. Lada menyebabkan keluarnya kotorsan melalui keringat dan menghilangkan lendir di dada dan hidung sehingga mampu menyeka flu.

4. Meningkatkan kesehatan gusi dan gigi

Lada hitam juga sangat baik untuk gigi dan gusi. Lada membantu mengurangi peradangan pada gusi dan mengurangi rasa sakit gigi akut. Pada gigi berlubang, lada hitam membantu menghilangkan rasa sakit jika diterapkan pada lubang tersebut.

5. Mengontrol tekanan darah

Lada hitam juga mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, dan kalium yang mana membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Tingginya kadar natrium adalah salah satu identifikasi hipertensi. Lada hitam mengandung potasium yang meminimalkan natrium dan menurunkan tekanan darah.

7. Manfaat lainnya

Di samping antioksidan, lada hitam juga mengandung mineral seperti zat besi yang membangun sel-sel darah, potassium yang mengatur tekanan darah, seng yang menghilangkan kolesterol, kromium yang meningkatkan metabolisme, mangan bagus untuk perbaikan tulang dan metabolisme, magnesium yang bagus untuk kesehatan saraf dan otot serta kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi. Lada hitam juga membantu perkembangan antioksidan dalam tubuh.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.