6 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

Ikan salmon merupakan salah satu hewan laut yang menjadi menu makanan lezat. Ikan salmon juga merupakan menu sehat karena mengandung beberapa gizi, protein dan nutrisi penting. Jadi selain lezat, ikan salmon juga memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah 5 khasiat dan manfaat ikan salmon bagi kesehatan.

Manfaat Ikan salmon

 menu ikan salmon

1. Mengandung protein dan asam amino

Sudah dibuktikan dengan penelitian jika ikan salmon merupakan sumber dari protein dan asam amino. Molekul-molekul protein bioaktif atau peptida bioaktif memberikan dukungan tambahan untuk tulang rawan sendi, meningkatkan efek insulin dan mencegah peradangan pada saluran pencernaan.

2. Mencegah penyakit fatal

Ikan salmon mempunyai lemak makanan yang dapat mencegah berbagai penyakit. Asam lemak omega 3 merupakan lemak baik yang mengontrol peradangan tubuh yang pada gilirannya mencegah penyakit kardiovaskuler, arthritis, dan diabetes. Salmon juga membantu pencegahan pembekuan darah dalam tubuh.

3. Membangun otot

Protein dalam ikan salmon seperti karbohidrat tidak mengandung senyawa karsinogenik sehingga mencegah penyumbatan di arteri dan mudah dicerna oleh sistem dalam tubuh. Hal ini membangun otot dan menjaga kekuatan tubuh.

4. Mengembangkan enzim penting, jaringan dan hormon

Ikan salmon merupakan sumber yang kaya mineral penting seperti zat besi, kalsium, selenium dan vitamin A, B dan D yang membantu membangun jaringan, rambut dan kuku. Terutama selenium yang jarang ditemukan dalam makanan hewani lainnya membantu perkembangan jaringan.

5. Bagus untuk mata

Asam lemak omega 3 yang dimiliki ikan salmon dan asam amino mencegah degenerasi otot, membuat mata Anda lembab, mengurangi kelelahan dan kehilangan penglihatan serta membantu meningkatkan penglihatan mata.

6. Menjaga keseimbangan mental dan meningkatkan fungsi kognitif

Asam lemak omega 3 dalam ikan salmon juga mengurangi tingkat penurunan kognitif yang disebabkan oleh penyakit Alzheimer dan juga memperlambat proses disfungsi kognitif yang berkaitan dengan usia. Konsumsi salmon juga membantu mengatasi stres dan depresi bahkan mengurangi perilaku ‘agresif’.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.