5 Sayuran Dengan Nilai Gizi Yang Tinggi

Makanan sehat harus terdiri dari sayuran dan buah-buahan. Sayuran dengan nilai gizi yang tinggi merupakan yang terbaik untuk dikonsumsi. Sayuran sehat tidak hanya jenis sayuran hijau saja. Berikut adalah 5 jenis sayuran yang kaya akan nilai gizi.

5 Sayuran Paling Sehat

sayuran paling sehat

1. Bawang

Mungkin sebagian orang tidak menyukai dengan bawang karena baunya yang menyengat. Bawang merupakan bagian dari sayuran yang paling sehat. Bawang banyak mengandung vitamin C dan folat. Bawang melawan diabetes dan juga membantu meningkat sitem kekebalan yang selanjutnya mencegah flu dan masuk angin. Bawang juga banyak mengandung peptida GPCS yang membantu wanita penderita osteoporosis. Kandungan lainnya adalah asam amino dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan untuk detoksifikasi.

2. Wortel

Tidak asing lagi wortel merupakan gudangnya vitamin A. Vitamin ini berguna dalam menjaga kesehatan mata dan membantu mencegah tanda-tanda fisik penuaan lebih awal. Melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Wortel merupakan sumber karotenoid yang menurunkan resiko kanker dan juga mengandung falcarinol sebagai properti anti kanker. Mengkonsumsi wortel membantu pencegahan kanker usus besar dan kanker payudara pada wanita. Minral dari wortel juga melindungi gigi dari kerusakan.

3. Kubis

Kubis merupakan jenis sayuran yang murah meriah dan mudah ditemui. Mungkin orang banyak mengenal bayam atau brokoli sebagai sayuran sehat, banyak yang belum tahu kalau kbis merupakan sumber dari mineral dan vitamin. Kandungan zat besi dalam kubis membantu mencegah penyakit anemia. Kandungan serat yang tinggi membantu mencegah sembelit kronis. Kubis kaya vitamin K, yang membantu mencegah tubuh melawan penyakit kronis. Sayuran ini juga kaya vitamin A, C, dan kalsium. Sayuran kubis melawan penyakit autoimun dan arthritis dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya. Mengkonsumsi kubis mempunyai manfaat yang sangat besar.

4. Paprika

Paprika kaya akan vitamin A, C, B, dan K. Baik itu hijau, merah, atau kuning, mereka baik dalam sumber kalium dan magnesium yang berguna dalam membantu melindungi dari penyakit seperti arthritis dan osteoporosis. Paprika kaya serat yang membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah masalah sembelit. Jangan hanya menjadikan paprika sebagai hiasan makanan. Jangan ragu lagi mengkonsumsi paprika.

5. Labu kuning

Labu kuning kaya akan vitamin A, B dan C, maka tak heran jika labu menjadi jenis sayuran yang sehat. Magnesium dalam labu mencegah masalah otot dalam tubuh. Serat dalam labu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sebagai makan berserat tinggi labu kuning meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.