5 Mitos Salah Obat Jerawat Tradisional

Salah dalam memilih obat jerawat tradisional ataupun modern dapat berakibat fatal. Jerawat dapat meninggalkan flek hitam atau bahkan jerawat dapat datang lagi dengan lebih ganas. Memencet jerawat harus Anda hindari, terlebih dengan tangan kotor karena akan menimbulkan radang yang hebat.

Banyak sekali cara mengatasi jerawat, namun kebanyakan memilih cara tradisional daripada dengan cara modern dan obat-obatan. Obat jerawat tradisional banyak sekali namun ada beberapa pengobatan yang dilakukan untuk mengobati jerawat namun faktanya pengobatan ini tidak mengobati jerawat atau bahkan dapat menimbulkan resiko lebih lanjut. Berikut adalah mitos salah tentang obat jerawat tradisional.

Mitos Salah Obat Jerawat Tradisional

wajah tanpa jerawat

1. Pasta gigi

Selama ini banyak yang meyakini pasta gigi dapat bertindak sebagai obat jerawat tradisional. Memang pasta gigi dapat membersihkan atau mengangkat kotoran dari kulit layaknya masker wajah. Namun faktanya pasta gigi juga akan mengeringkan kulit sehingga bekas jerawat akan sangat nampak bahkan lebih parahnya jerawat akan datang lagi dengan lebih ganas. Jika jerawat ditempeli pasta gigi jel, gel tersebut akan membakar dan menyengat kulit wajah Anda.

2. Irisan tomat

Irisan tomat ditempelkan pada jerawat di wajah selama ini masih banyak dilakukan banyak orang. Memang jus tomat merupakan gudangnya vitamin A yang dapat membuat kulit nampak bercahaya. Namun irisan tomat tidak akan berppengaruh apapun terhadap jerawat.

3. Jus lemon

Jus lemon mengandung sifat antiseptik yang membantu membersihkan kulit Anda dari bakteri dan mengurangi jerawat. Namun jika Anda mempunyai kulit wajah yang sensitif sebaiknya hindari mengusapkan jus lemon pada jerawat, karena dapat menyebabkan ruam dan kemerah-merahan pada wajah.

4. Obat tetes mata

Obat tetes mata memang dapat membantu mengurangi kemerahan karena jerawat saat diaplikasikan pada kulit yang terkena jerawat. ‘Eye drops’ tidak dapat meyenmbuhkan jerawat secara total. Jadi anggapan sebagai obat jerawat tradisional kuranglah tepat.

5. Berjemur

Salah satu manfaat berjemur adalah membersihkan kulit dan mengeluarkan jerawat kering. Namun sinar matahari akan menimbulkan bekas jerawat akan terlihat jauh lebih buruk. Bahkan lebih parahnya jerawat akan datang lagi dengan lebih agresif dan parah.

Lakukanlah perawatan dan penanganan yang tepat terhadap jerawat. Hati-hati dalam memilih obat jerawat tradisional.

Sumber: Kompas

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.