5 Manfaat Selasih Bagi Kesehatan

Manfaat Selasih – Kalau diluar negri disebut dengan basil adalah sejenis daun kemangi yang mana daun, biji, dan bunganya dimanfaatkan sebagai rempah-rempah. Selasih menjadi penyedap utama untuk makanan-makanan Italia, China, India dan Thai. Selasih yang dikeringkan juga diolah menjadi saus. Namun selasih juga dikenal sebagai daun herbal yang mana dikenal mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah 5 khasiat dan manfaat selasih bagi kesehatan.

Manfaat Daun Selasih

daun selasih

1. Mencegah pilek dan batuk

Daun Selasih memiliki jumlah yang baik Vitamin C dan kaya akan antioksidan. Manfaat selasih memperkuat kekebalan tubuh dan mencegah serta menyembuhkan kedinginan. Dianjurkan selama musim basah ketika Malaria dan demam berdarah tersebar luas. Daun kemangi dicampur dalam teh panas atau jus hangat membantu menyingkirkan dahak. Mengunyah kemangi segar dengan cengkeh meredakan batuk dan flu.

2. Mencegah penyakit jantung

Selasih sangat disarankan untuk orang dewasa untuk mencegah penyakit jantung. Setiap 100 gram kemangi segar memiliki 33 gram protein. Protein membantu dalam menurunkan berat badan dan mencegah gangguan jantung. Selasih menjadi sumber besar magnesium membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Manfaat selasih juga untuk menstabilkan tekanan darah.

3. Baik untuk mata dan mulut

Daun selasih mengandung vitamin A yang berkhasiat mengatasi infeksi mata, konjungtivitis, menenangkan stres mata dan juga untuk pencegahan rabun senja dan masalah penglihatan. Manfaat selasih juga dikonsumsi sebagai penyegar mulut, penghilang bau mulut.

4. Sifat anti-inflamasi

Selasih mempunyai sifat anti-inflamasi berguna untuk menyembuhkan pembengkakan dan terbukti sangat efektif mengatasi arthritis. Selasih merupakan sumber kalsium yang baik sangat berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang yang lebih besar dan mencegah osteoporosis.

5. Manfaat selasih lainnya

Perokok seharusnya rajin mengunyah daun kemangi atau selasih setelah merokok. Sifat anti-oksidan yang kuat membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh nikotin. Manfaat selasih lainnya juga dapat mengurangi stres, mencegah diabetes dan bekerja secara efektif terhadap batu ginjal.

Demikian 5 khasiat dan manfaat selasih bagi kesehatan.

Leave a Reply

*