5 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Manfaat daun kemangi – Anda salah satu penggemar pecel lele? Maka Anda sudah tidak asing lagi dengan namanya daun kemangi. Yah, daun bersama mentimun, kubis dan sambal menjadi teman yang pas ketika menikmati pecel lele atau pecel ayam. Sebaiknya jangan pernah membuang daun kemamngi. Karena beberapa fakta mengungkapkan jika daun kemangi merupakan daun herbal yang memiliki berbagai khasiat dan manfaat daun kemangi bagi kesehatan.

Manfaat daun kemangi

daun kemangi

1. Mencegah kelainan jantung

Manfaat daun kemangi bagi jantung dengan kandungan protein di dalamnya yang berkhasiat menurunkan berat badan. Kandungan magnesium dalam kemangi membantu menurunkan kolesterol dan melancarkan peredaran darah. Jadi konsumsi daun kemangi segar membantu mencegah kelainan pada jantung.

2. Mencegah demam dan batuk

Kandungan vitamin C dan sifat antioksidan pada kemangi sangat tinggi. Kedua nutrisi tersebut secara bersamaan bekerja sama meningkatkan imunitas dan mengatasi permasalahan seperti demam. Untuk mendapatkan manfaat daun kemangi secara maksimal Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk jus atau dicampur dengan teh.

3. Mengatasi sariawan dan diare

Daun kemangi merupakan obat tradisional dalam mengatasi sariawan. Caranya cukup sederhana, hanya dengan mengunyah daun kemangi selama kurang lebih 3 menit saja. Selanjutnya minum air hangat. Lakukan secara rutin sebanyak 3 kali dalam sehari. Hal ini juga diketahui dapat mengatasi penyakit diare dan muntah darah.

4. Menyehatkan mata dan mulut

Daun kemangi mengandung vitamin A yang berguna untuk mata sehingga mempunyai kemampuan mengatasi infeksi mata, meredakan mata stres, dan mencegah gangguan mata lainnya. Selain untuk mata, manfaat daun kemangi untuk mulut membantu mengilangkan bau yang tak sedap karena daun ini merupakan daun mint.

5. Sifat anti inflamasi

Manfaat daun kemangi yang terkahir adalah sifat anti inflamasi di dalamnya yang dikenal mampu dapat mengatasi berbagai penyakit perdangan dan bengkak. Daun kemangi juga mengandung kalsium yang mana sangat baik untuk tulang dan mencegah penyakit osteoporosis.

Selain 5 khasiat di atas, daun kemamngi juga membantu mengobati diabetes, penyakit batu ginjal, dan digunakan seseorang untuk meghentikan kebiasaan merokok. Jadi tidak usah ragu lagi untuk mengkonsumsi kemangi. Demikian manfaat daun kemangi untuk kesehatan.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.