5 Makanan Khas Semarang Yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Semarang – Semarang merupakan kota yang menjadi pusat pemerintahan Jawa Tengah. Ketika berkunjung kesemarang, rasanya belum lengkap jika belum mencicipi makanan yang menjadi khas dari Semarang. Anda ingin tahu makanan tradisional khas Semarang? Berikut adalah beberapa makanan yang harus Anda coba ketika berkunjung ke Semarang:

Makanan Khas Semarang

1. Lumpia

lumpia semarang

Makanan khas Semarang yang satu ini harus Anda coba. Lumpia merupakan makanan semacam tradisional semacam rollade yang berisi rebung, daging, telur, daging, dan bermacam variasi isi lumpia yang tentunya sangat lezat. Namun yang harus Anda coba adalah lumpia isi rebung. Kamu tahu rebung itu apa? Rebung adalah tunas muda dari bambu. Racikan rebung yang tidak berbau nan lezat siap menggoyang lidah Anda. Anda dapat menemukan kios lumpia di Jalan Pemuda dan Jalan Pandanaran di Semarang.

2. Tahu petis khas Semarang

tahu petis semarang

Tahu petis ia tahu pong yang digoreng dengan bumbu petis di dalamnya. Sangat pas menikmati tahu petis dengan lalapan cabe rawit. Bumbu petis didalam tahu dibuat dari bahan dasar udang yang diolah dengan bumbu spesial. Aromanya yang harum sangat menggoda lidah Anda. Tidak afdhol jika belum mencoba makanan yang satu ini.

3. Soto Ayam Semarang

soto semarang

Soto khas semarang mempunyai ciri khas kuahnya yang bening tanpa santan kelapa. Namun jangan tanya soal rasa, lezat dan tetap gurih tetap melekat pada soto semarang. Masakan soto khas semarang ini sangat cocok untuk mengisi perut ketika lapar di Semarang. Anda dapat menikmati soto semarang dengan bergedel khas semarang ataupun tempe mendoan. Makan soto akan lebih nikmat ketika pada saat siang hari, selain itu Anda sangat sulit menemukan soto Semarang di malam hari.

4. Kue pia semarang

bakpia kemuning

Bakpia merupakan makanan yang terbuat dari olahan kacang hijau dengan gula yang dibungkus dengan olahan tepung. Bakpia semarang terdiri dari berbagai macam variasi isi pia, mulai dari kacang hijau, keju, coklat, gula aren dan lain-lain. Namun Anda juga harus berhati-hati (yang concern pada makanan halal) karena di daerah Jl. Kemuning Semarang Ada bakpia rasa babi.

5. Bandeng presto

bandeng presto

Seperti namanya, makanan ini dibuat dari ikan bandeng yang dibumbui dengan bawang putih, garam, kunyit dan bumbu lain. Ikan bandeng dimasak pada alas daun pisang lalu dengan cara presto. Cara masak presto adalah pengolahan dalam panci yang mengandalkan uap air yang panas. Dengan cara presto ini membuat duri-duri ikan bandeng menjadi lunak. Jadi tak perlu khawatir terkena duri ikan saat makan.

Selain 5 makanan khas Semarang di atas, masih banyak makanan tradisional Semarang yang dapat dijadikan oleh-oleh seperti wingko babat, tahu gimbal, martabak malabar, dan olahan ketela semarang.

Leave a Reply

*