5 Makanan Khas Jogja Ini Wajib Anda Cicipi

Makanan khas Jogja – Ada beberapa daerah di Yogyakarta menjadi tujuan wisata yang selalu ramai pengunjung. Selain wisata alam, Jogja juga dikenal dengan kota yang masih mempunyai budaya adat yang sangat kental. Maka tak heran jika kota yang dikenal juga dengan kota pendidikan ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Ketika Anda berkunjung ke Jogja kami merekomendasikan makanan khas Jogja yang pertama harus Anda cicipi adalah gudeg. Ciri masakan Jogja yang bercitarasa manis menjadi ciri khas tersendiri. Berikut adalah daftar makanan khas Jogja yang wajib Anda coba:

1. Gudeg

guded jogja

Makanan khas jogja yang satu ini mempunyai rasa khas yang manis dan gurih. Gudeg dibuat dari bahan utama buah nangka muda (orang lokal menyebutnya gori) yang dimasak selama berjam-jam hingga berwarna merah kecoklatan yang kemudian diberi santan. Rasa manis pada gudeg karena adanya gula jawa yang cukup banyak. Biasanya gudeg dimakan dengan nasi atau krecek dan juga beserta lauknya adalah suwiran daging ayam atau telur bebek. Sangat mudah menemukan gudeg di jogja terutama di pagi hari biasanya penjual gudeg berada di sudut-sudut jalan untuk sarapan pagi.

2. Bakpia

bakpia pathok

Bakpia merupakan kue kering yang berisi kacang hijau dan variasi lain yang dibungkus dengan kulit tepung. Pia pathok merupakan bakpia yang menjadi andalan untuk oleh-oleh dari Jogja. Untuk menemukan pia pathuk berada di daerah Malioboro dan juga tempat lain di Jogja.

3. Geplak

geplak jogja

Makanan tradisional Jogja yang satu ini mempunyani rasa yang sangat manis. Untuk penderita penyakit gula sebaiknya hindari makan ini, sangking manisnya jika terlalu makan banyak manisnya dapat menimbulkan rasa ‘eneg’ di kerongkongan hingga perut.

4. Tiwul

tiwul gunung kidul

Tiwul merupakan makanan yang berasal dari Gunung Kidul. Dulu tiwul menjadi makanan pokok bagi masyarakat di sana. Tiwul dibuat dari ketela singkong yang dibuat geplek dahulu baru setelahnya menjadi tiwul. Dulu tiwul menjadi nasi-nya masyarakat Gunung Kidul sebagai santapan sehari-hari. Namun tiwul sekarang mempunyai rasa yang manis dan disajikan dengan parutan kelapa dan dibungkus menjadi oleh-oleh.

5. Geblek

geblek jogja

Makanan khas Jogja yang satu ini banyak dijumpai di daerah Kulon Progo. Makanan yang terbuat dari tepung dan ketela ini mempnyai rasa sedikit asin dan gurih. Geblek digoreng dengan bentuk gulungan-gulungan yang mirip angka delapan. Untuk menikmati geblek sebaiknya saat masih panas karena ketika sudah dining tekstur geblek menjadi keras.

Sebenarnya masih sangat banyak masakan-masakan khas Jogja yang harus juga perlu dicoba. Seperti sate klathak, oseng-oseng mercon dan juga angkringan. Itu tadi makanan khas Jogja yang harus Anda cicipi.

Leave a Reply

*