4 Kiat Pencegahan Tulang Keropos

Tulang keropos merupakan masalah yang mengancam semua orang. Namun dari berbagai penilitian menunjukkan jika wanita lebih rentan terhadap resiko tulang keropos. Osteoporosis mudah menyerang wanita seiring bertambahnya usia. Namun sayangnya banyak sekali wanita yang belum menyadari tentang ancaman resiko osteoprorosis. Penanganan masalah tulang ini juga memerlukan perawatan yang lebih panjang dibanding dengan penyakit lain seperti serangan kantung, diabetes atau kanker payudara.

Lemahnya kekuatan tulang juga sangat meningkatkan resiko patah tulang ketika mengalami kecelakaan atau cidera. Kabar baiknya adalah masalah tulang keropos seperti osteoporosis dapat dicegah atau paling tidak menurunkan resiko di masa datang. Beberapa usaha untuk menjaga kekuatan penting dilakukan mulai dini. Ada beberapa trik dan strategi yang dapat dilakukan dalam menjaga kekuatan tulang dan meminimalkan masalah osteoprosis. Berikut adalah 4 langkah pencegahan keropos tulang menurut Healthday News.

Pencegahan Tulang Keropos

senam untuk tulang

1. Olahraga dan latihan

Olahraga sangat penting dilakukan secara rutin sebagai langkah pertama pencegahan tulang keropos. Untuk wanita setidaknya membutuhkan latihan fisik selama 30-40 menit sebanyak 3-4kali dalam seminggu untuk menjaga kekuatan tulang. Aktivitas latihan fisik dan angkat beban memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan tulang.

2. Penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi

Pencegahan tulang keropos selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung kalsium dan protein. Asupan vitamin D dari makanan atau sinar matahari atau Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen.

3. Hindari kebiasaan buruk

Berbagai kebiasaan dan gaya hidup yang buruk seperti merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol harus dihindari. Untuk para wanita sebaiknya jangan bangga dengan badan yang kurus. Tubuh kurus mempunyai resiko lebih besar terkena osteoprosis dibandingkan wanita gemuk.

4. Check up kesehatan tulang

Melakukan pemeriksaan untuk kesehatan tulang juga tak kalah penting. Terutama wanita yang mengalami menopause, segerlah melakukan konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan kesehatan tulang dan resiko menderita patah tulang. Tulang mengalami penurunan mineral dan kepadatan tulang seiring bertambahnya usia.

Demikian 4 strategi untuk mencegah osteoprosis dan juga merupakan langkah pencegahan tulang keropos.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.