Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang mudah untuk dijumpai. Maka tak heran buah tersebut selalu tersedia di meja makan ketika sarapan pagi atau makan malam. Makan buah pisang memudahkan perut kamu cepat terisi. Namun yang terpenting adalah pisang mempunyai sejumlah khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah khasiat dan manfaat buah pisang untuk kesehatan.

Manfaat Buah Pisang

buah pisang

1. Buah pisang terdiri dari glukosa, sukrosa, dan frukosa yang memberikan energi pada tubuh anda. Pisang juga merupakan menu makanan yang ideal untuk penderita diabetes.

2. Pisang kaya akan serat yang membantu dalam pergerakan usus. Jika kamu mempunyai masalah pada pergerakan usus seperti sembelit maka sangat dianjurkan mengkonsumsi buah pisang secara teratur.

3. Selain mengandung serat yang tinggi, buah pisang juga kaya akan kalium yang membantu menyembuhkan diare.

4. Pisang juga kaya akan zat besi yang membantu dalam mengatasi anemia.

5. Buah pisang mengandung triptofan yang membantu dalam menskresikan hormon serotonin. Hormon serotin dibutuhkan dalam meningkatkan suasana hati untuk mengatasi depresi.

6. Kalium yang berasal dari buah pisang juga membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Hipertensi dapat menimbulkan masalah kesehatan lain yang lebih kronis seperti serangan jantung, stroke, dll.

7. Ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi pisang. Buah pisang membantu dalam megekang mual dan mulas pada pagi hari.

8. Selain depresi, buah pisang juga membantu dalam mengatasi stres. Stres cenderung mengurangi tingkat kalium dalam tubuh yang kemudian menyebabkan ketidakseimbangan kadar air dan palpitasi. Buah pisang membantu dalam mengontrol kadar potasium untuk menghindari stres.

9. Pisang banyak mengandung vitamin B6, B12, magnesium dan potasium yang membantu Anda dalam melawan nikotin. Sehingga konsumsi buah pisang dapat membantu Anda berhenti merokok.

10. Nilai gizi tinggi yang dimiliki oleh buah pisang membantu menjaga kesehatan tulang dan ginjal. Buah pisang diyakini membantu dalam mengendalikan perkembangan kanker ginjal pada wanita.

11. Pisang secara alami mengandung antasida yang mempromosikan bakteri probiotik dalam sistem pencernaan. Hal tersebut membantu dalam mencegah dan penyembuhan maag.

Artikel Menarik Lainnya

Apa Itu Tarragon, Manfaat Tarragon Untuk Kesehatan Tarragon adalah sebuah tanaman yang biasa ditanam di Eropa timur, Asia tengah dan timur, Amerika Utara bagian barat, dan selatan utara India dan Meksi...
8 Khasiat Ubi Jalar Yang Harus Anda Tahu Khasiat Ubi Jalar - Atau sering disebut juga dengan ketela rambat, merupakan jenis umbi yang dapat dijumpai dengan mudah. Ubi jalar juga mudah tumbuh ...
8 Khasiat dan Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Banyak yang memilih meninggalkan kopi dan beralih ke minuman lain karena alasan kesehatan. Namun ternyata kopi juga mempunyai beberapa manfaat dan kha...
10 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Tomat merupakan sayuran yang serbaguna. Tomat dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti sebagai bahan saus, menjadi bumbu masakan, salad dan...
8 Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan Yoghurt merupakan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasikan. Berbagai jenis susu termasuk susu kedelai dapat dibuat yoghurt. Namun kebanyaka...