10 Manfaat Peterseli Untuk Kesehatan

Peterseli adalah salah satu sayuran berwarna yang digunakan dalam garnising seperti pizza dan spaghetti. Namun peterseli juga dapat diolah menjadi sayuran utama adalah suatu menu sajian. Peterseli kaya akan zat besi. Peterseli menyajikan berbagai manfaat untuk tubuh kita. Berikut adalah 10 manfaat peterseli yang perlu Anda tahu.

Manfaat Peterseli

peterseli

1. Mencegah kanker

Peterseli mengandung senyawa yang disebut miristin, zat ini berkhasiat dalam menghentikan tumor di paru-paru, termasuk yang disebabkan oleh asap rokok. Vitamin C dalam peterseli juga bertanggung jawab dalam menghancurkan radikal bebas penyebab kanker. Sayuran ini mencegah kanker usus besar dan prostat.

2. Memiliki sifat anti inflamasi

Sayuran peterseli mengandung luteolin, flavonoid dan vitamin C, kombinasi yang sempurna sebagai anti inflamasi. Hal ini mencegah degenerasi tulang dan menghindari gangguan osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin A dan vitamin C juga terdapat dalam peterseli yang mengarah pada sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Vitamin A memperkuat saluran usus, kencing dan pernapasan dan lapisan mata. Vitamin A juga membantu sel-sel darah putih dalam tubuh untuk mengembangkan kekebalan terhadap infeksi. Di sisi lain, vitamin C berguna untuk mengembangkan kolagen dan yang diperlukan untuk seluruh tubuh karena merupakan jaringan ikat.

4. Mengobati sakit perut

Peterseli juga berkhasiat dalam menambah nafsu makan dan juga dapat menyembuhkan sakit perut. Vitamin C membantu dalam menyerap zat besi dalam tubuh. Sayuran ini juga merupakan diuretik yang membantu membuang kadar air berlebih dalam tubuh. Sehingga juga ikut andil dalam mengurangi rematik.

5. Jantung lebih sehat

Manfaat peterseli juga termasuk dalam kesehatan jantung. Sayuran ini membantu memurnikan darah dan juga mengurangi tingkat kolesterol dalam darah sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih mudah dan mencegah resiko penyakit jantung.

6. Memperkuat tulang

Vitamin K yang dimiliki oleh peterseli sangat baik untuk memperkuat tulang. Pada gilirannya resiko masalah persendian dan arthritis dapat dikurangi.

7. Menyembuhkan luka

Peterseli dapat menjadi plester herbal dalam menyembuhkan luka. Terapkan daun peterseli yang sudah dilemaskan (bisa dengan di gulung-gulung) pada kulit memar atau luka.

8. Melawan anemia

Peterseli mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan oleh penderita anemia. Konsumsi peterseli juga mengurangi resiko terkena anemia.

9. Mencegah degenerasi makula

Peterseli memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah hilangnya penglihatan seiring bertambahnya usia.

10. Menyembuhkan infeksi telinga

Manfaat peterseli yang terakhir adalah membantu dalam mengobati orang yang menderita tuli dan juga menyembuhkan infeksi pada telinga.

10 Manfaat Peterseli Untuk Kesehatan | posted by admin | 4.5

Komentar FB

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>