Cengkeh merupakan salah satu rempah-rempah yang terkenal di dunia yang digunakan sebagai bumbu. Cengkeh menjadi barang komoditi yang paling banyak dicari oleh pedagang dunia sejak zaman sejarah. Di Indonesia saat ini, cengkeh lebih dikenal sebagai bumbu tembakau. Namun banyak yang tidak mengetahui sebenarnya cengkeh mempunyai berbagai khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini adalah 10 khasiat dan manfaat cengkeh untuk kesehatan:

Manfaat cengkeh

cengkeh

1. Bergizi
Cengkeh kaya akan nutrisi penting dan juga vitamin tua yaitu kalsium dan magnesium. Cengkeh juga mampu memasok energi dengan jumlah yang banyak dan merupakan serat makanan.

2. Antibakteri dan Anti Jamur
Cengkeh secara alami dan efektik melawan bakteri terutama yang menyebabkan kerusakan di perut dan kuman dari mulut. Cengkeh juga mengandung eugenol yang mempunyai sifat antijamur dan efektif dapat mengatasi penyakit kulit seperti yang disebabkan oleh cacing cincin.

3. Analgesik
Minyak cengkeh sudah terbukti mampu untuk mengobati sakit gigi. Baru-baru ini telah sebuah eksperimen telah membuktikan minyak cengkah mampu sebagai sebagai analgesik (obat penahan rasa sakit).

4. Perangsang Seksual
Secara tradisional cengkeh diangga memiliki sifat afrodisiak untuk menaikkan sahwat.Sebuah penelitian anggapan tersebut dan hasilnya memang terkbukti mempunyai sifat seperti itu. Sebuah eksperimen juga mengatakan cengkeh mampu mengatasi ejakulasi dini.

5. Ramah di Perut
Cengkeh juga merupakan makanan yang terbaik untuk perut anda. Cengkeh tidak hanya membantu melawan kembung dan borok tetapi juga dapat efektif mengatasi mual dan gangguan pencernaan.

6. Baik Untuk Jantung
Secara ‘ajaib’ eugnol yang dimiliki cengkeh dapat mencegah pembekuan darah dan dapat membantu mencegah stroke. Penelitian masih dilakukan dan belum ada pernyataan yang memastikan.

7. Melawan Kanker
Walaupun banyak yang menentang mengenai khasiat cengkeh melawan kanker, namun penelitian telah membuktikan bahwa cengkeh dapat membantu mencegah kanker terutama pada kulit, paru-paru dan saluran pencernaan.

8. Mencegah Inflamasi (Radang)
Flavanoid ditemukan dalam kandungan minyak cengleh. Hal ini sangat baik karena memiliki sifat anti inflamasi dan dapat bermanfaat bagi pasien rematik. Cengkeh juga dapat digunakan sebagai ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi minor saluran pernapasan.

9. Pengusir Nyamuk
Banyak yang tidak mengetahui jika cengkeh mampu digunakan untuk mengusir nyamuk. Sangat baik untuk digunakan di tempat-tempat penyebab malaria, demam berdarah, dan penyakit lainnya yang ditularkan nyamuk.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Cengkeh juga diyakini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan dapat membantu Anda dalam melawan berbagai penyakit tingkat reguler hingga mematikan.

Namun jika cengkeh dalam roko yang diisap bersama tembakau sama sekali mempunyai manfaat bahkan membahayakan tubuh.

Sumber: Magforwomen

Artikel Menarik Lainnya

Manfaat dan Khasiat Buah Naga Khasiat buah naga - Buah naga mulai dikenal dan populer di kalangan masyarakat Indonesia pada akhir-akhir ini. Namun buah naga sekarang sudah tak asin...
5 Manfaat Minum Kopi Yang Harus Anda Tahu Kopi merupakan minuman yang banyak disukai banyak orang. orang mempunyai alasan minum kopi agar tetap melek dan terjaga. Minum kopi memang memiliki re...
Apa Itu Tarragon, Manfaat Tarragon Untuk Kesehatan Tarragon adalah sebuah tanaman yang biasa ditanam di Eropa timur, Asia tengah dan timur, Amerika Utara bagian barat, dan selatan utara India dan Meksi...
10 Khasiat dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan Madu mempunyai rasa yang manis dan lezat sehingga banyak disukai semua orang. Madu dihasilkan oleh hewan jenis serangga terutama lebah dari nektar bun...
6 Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan Khasiat bawang merah - Setiap hari kita pasti menemukan bawang merah paling tidak pada masakan yang kita makan. Bawang merah merupakan bumbu wajib dal...